Tips mengamankan blog blogger.com dari hacker

Tags

Blogger adalah open source sebuah platform ternama yang diakui perusahaan google sebagai layanan media blog yang biasa digunakan oleh seorang full time blogger atau part time blogger seperti saya, dari penulis amatir hingga profesional.

Kita mengetahui cara menggunakan fitur blogger.com yang begitu mengagumkan, serta menarik memiliki banyak fungsi, dan ini seperti premium tanpa harus mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakannya.

Dimasa sekarang blogger.com berkembang pesat tidak perlu saya tunjukan, bisa kita lihat penggunanya begitu banyak bisa disebut platform blog paling populer didunia web malah. Tidak hanya untuk blogging, melainkan ada juga situs web sebagai forum, dan lain lain.

Kita mempunyai blog masing masing yang memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu, disisi lain itu terkadang secara tidak sadar bahwa ternyata hacker mengincar pula situs web yang rentan untuk diretas (hack). Sebelumnya terdapat beberapa kasus hacker yang meretas komputer, akun sosial media, rekening bank tapi sekarang website pun ada kasusnya.

Hal ini sangat tidak menyenangkan bagi pemilik web/blog yang tidak tau apa apa tentang hal tersebut, termasuk kita yang khususnya menggunakan platform blogger. Saat ini khawatir karna tidak ingin web/blog yang kita miliki diretas, saat ini juga kita berfikir untuk mengamankan dan melindungi blog ini mungkin berguna pula untuk kita yang menggunakan blogger.

Tips mengamankan blog blogger.com dari hacker

Apakah bisa blog blogger dihack?
Jawabannya adalah ya tentu saja, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya. Tergantung kemampuan hacker tersebut, untuk kita sebagai pemilik web atau webmaster harus berhati hati pada sekitar lingkungan tempat tinggal maupun keluarga.

Sudah menetapkan kata sandi, memveririfikasi dua langkah dengan nomor telepon tapi ini bukan mustahil web/blog kita dapat dihack, fikir jika kepercayaan itu dikhianati oleh orang terdekat kita yang meminjam handphone, tanpa sadar bukan mungkin saja melakukan hal tersebut untuk mengambil alih web/blog kita.
Apalagi web/blog tersebut telah populer, menghasilkan uang merasa bangga pastinya. Tapi sayangnya karena menyepelekan keamanan ini bisa membuat kita galau berat dan itu sangat pasti menyedihkan.
Mungkin akan cukup membantu dibawah ini untuk melindung web/blog kita

1. Buat password kuat
Langkah pertama ini sangat terkenal, ini begitu hal sepele tetapi dapat sangat membantu. Gunakan kata sandi sesuai ingatan yang kita bisa ingat tapi harus memiliki panjang minimal 8 karakter mengandung kata yang jarang difikirkan setiap orang dan mengandung beberapa angka serta huruf besar,kecil. Perlu diingat jika membuka akun dikomputer umum lebih baik dibrowser tab samaran/tab pribadi.

2. Script berbahaya ditheme
Tips utama kedua, jangan lupa mengecek atau analisis dalam edit html atau widget karna bisa saja terdapat script malware yang dapat memberi peluang hacker untuk mengambil segala informasi pada web/blog kita nantinya. Jangan menggunakan theme sembarangan yang bisa kita unduh secara gratis tanpa menganalisisnya terlebih dahulu sebab pihak blogger dapat mendeteksi dan jika terdapat malware blog/we tersebut bisa dihapus secara tanpa pemberitahuan(mungkin paksa).

3. Selalu masuk dan keluar akun dengan hati hati
Sering saya melihat setiap orang yang mempunyai akun lupa untuk menutupi kata sandi tersebut tanpa memperhatikan sekitar, termasuk saya dulu tapi sekarang tidak semenjak melihat beberapa kasus hack web/blog. untuk lebih aman masukan akun disaat kita berada ditempat yang tidak terlalu ramai (tenang),perhatikan sekitar dan keluar akun secepatnya setelah menggunakannya karna bisa saja akan terjadi sesuatu seperti misalnya kamu off data tapi tidak untuk keluarkan akunnya
Lalu..
Kejahatan mengicar kita, handphone kita diambil pencuri..oh tidak apa yang akan kamu fikirkan pasti ingin mengambilnya kembali.

4. Gunakan verifikasi dua langkah
Ini merupakan hal terpenting, google telah memberikan layanan hebat untuk penggunanya, amankan akun google kita dengan verifikasi nomor telepon yang tersedia dalam pengaturan.
Jika kita masuk dengan menggunakan benda asing/ laptop orang lain setelah memverifikasi metode dua langkah dengan nomor telepon, ketika masuk akan diberi kode yang dikirim melalui sms dan itu penting untuk masuk akun tersebut.

5. Gunakan semua metode pemulihan
Selain melakukan metode verifikasi dengan nomor telepon, google menyediakan akun terkait yaitu email. Maka jika nanti seorang yang menghack akun kita bisa memulihkannya dengan lupa password menggunakan metode pemulihan melalui pembantu email.

6. Selalu melakukan backup blog
Tips utama terakhir, melakukan backup data konten ini penting untuk disimpan pada memory yang terlindungi. Jika blog kita dihapus karena beberapa alasan google maupun diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

tambahan
Laporkan penyalahgunaan
Jika semua metode diatas tidak berhasil mengamankan dan melindungi akun google + blog, kita bisa melakukan laporan pada google menggunakan laporkan penyalahgunaan atau mengajukan pertanyaan diforum google yang tersedia.

Memungkinkan semua dapat membantu kita mengamankan dan melindungi akun dari peretasan, apakah akun kamu sudah melakukan tips diatas. Atau kamu mempunyai cara lain untuk melakukan pengamanan akun lebih ketat? Coba tuliskan dikomentar kita diskusikan bersama sehingga pembaca lain dapat mengetahui itu. Terima kasih telah membaca ini hingga selesai