Mengenal Jurusan RPL | Penulis pelajar smk

Rekayasa perangkat lunak | http://sulyus-prana.blogspot.com
Gambar Wallpaper RPL

Hai penjelajah pengetahuan, dapat di pastikan sobat ingin mengetahui jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) itu mempelajari tentang apa? Itulah pertanyaan kamu saat bingung menentukan untuk melanjutkan Sekolah Menengah Kejuruan atau hanya sekedar mau tau. Karna dalam artikel ini saya akan berbagi hal setau saya, inget ya setau bukan sotau selama merasa belajar di jurusan rpl jadi simak dengan membaca baik ok *santai kita mulai dari pengertian rekayasa perangkat lunak.

Apa itu Rekayasa perangkat lunak?

Menurut wikipedia, tapi ada juga pengertian secara umum mudah di pahami dengan singkat yaitu rekayasa perangkat lunak adalah suatu bidang keahlian yang mempelajari guna mengembangkan perangkat lunak agar bermanfaat baik bagi penggunanya.


Sebelum merekayasa perangkat lunak kita harus mengetahui kriteria sebagai acuan diantara ada :
1. Maintainability
Bertujuan agar perangkat lunak bisa dipelihara dan dirawat supaya nyaman selama penggunaan
2. Dependability
Perangkat lunak itu harus update, pintar menyesuaikan perkembangan teknologi sekarang sehingga pembaruan dapat memuaskan penggunanya
3. Robust
Ialah setiap pengguna mempunyai kebutuhan berbeda-beda, jadi kita harus melakukan pendekatan atau minta saran supaya ada guna bagi pengguna tersebut
4. Efektif dan efisien
Dapat memberikan hasil kesan (maksimal) terbaik  berguna tepat pada keinginan pengguna perangkat lunak yang kita kembangkan.
5. Usability
Pengguna itu seperti raja jadi kita harus memenuhi hal apa yang dia butuhkan hehe istilahnya kayak prinsip pedagang yaa :)

5 poin kriteria di atas adalah pemahaman menurut saya hehe mungkin dapat dipahami oleh sobat jika perlu kembangkan siapa tau itu mencerminkan minat kamu untuk mendalami rpl.

materi apa yang dipelajari dalam rpl?

Menurut yang saya ketahui dari guru produktif disekolah dan pengetahuan sejarah dulu  sebenarnya rekayasa perangkat lunak itu dilatar belakangi dengan krisis perangkat lunak di tahun 1960-an. Pahamilah Rekayasa Perangkat Lunak bukan hanya merupakan cabang ilmu Computer Science yang mempelajari tentang technical coding. Kenapa nyambung kesejarahnya? Karna sobat perlu mengenal latar belakang rekayasa perangkat lunak dan mungkin bisa mendapatkan gambaran motivasi menjadi  calon pengembangan perangkat lunak jika masuk jurusan rpl nantinya. Hehe lanjut materi yang saya ketahui yaitu mempelajari :

  • HTML adalah bahasa pemrograman web
  • BASIS DATA (Data Base) untuk mengumpulkan data dari komputer yang tersusun sistematik
  • Sistem Operasi itu seperti alat ketergantungan program komputer karna jika tidak ada sistem operasi komputer tidak dapat menjalankan program aplikasi atau ga akan bisa melakukan booting tuh komputernya
  • Tentang K3 (KESEHATAN,KESELAMATAN,KERJA) membahas seluruh aspek kesehatan dan keselamatan pada saat bekerja dalam ruang lingkupnya
  • Web statis adalah website yang tidak dapat dirubah kontennya secara langsung tapi harus merubah langsung dihtmlnya contoh "situs perusahaan hanya menampilkan profil beberapa halaman"
  • Web dinamis ini memiliki data dan informasi berbeda-beda karna dapat memasukan konten dengan mengubah konten tidak seperti web statis contoh dari situs ini seperti isinya tentang seputar berita dan jejaring sosial
  • C++ (Algoritma Pemrograman) membahas tentang bahasa pemrograman secara logis (pake logika)
  • PHP singkatan dari Hypertex Prepocessor membahas script berfungsi membuat dan mengembangan situs web zaman sekarang
  • Dan mungkin masih banyak materi lain lagi


Sebagai teknisi rekayasa perangkat lunak nantinya sobat dibekali ilmu keahlian yang harus dikuasai tetapi sesuai diri yaa, karna biasanya kalo semua materi produktif harus dipelajari sebagai bekal untuk pekerjaan dimasa waktunya siap ga siap bekerja tetapi dalam smk kamu diberi waktu mencari kerja (anggap saja latihan), menyelesaikan yang dibutuhkan dalam tugas biasanya disebut Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk mencapai tujuan mengetahui ahlinya diri kita di bidang apa (tertentu).

Target pendidikan jurusan rekayasa perangkat lunak untuk bekerja

- Semua hal software tentang komputer bisa dikelola sesuai bidang pekerjaan
- Menjadi ahli bahasa pemrograman (programmer)
- Sebagai Operator dan teknisi komputer
- Pembuat karya aplikasi berguna
- Mengelola website
- Pengolah data sistem (basis data)
- Mendesain web
- Mengembangkan karya
- Menghasilkan kepuasan dari karya bagi pengguna
- Memelihara karya yang telah digunakan
- mewujudkan visi misi tujuan belajar rekayasa perangkat lunak
- dan mungkin masih banyak lagi jika kamu ingin mengenal lebih dalam

Setelah mengetahui pengertian rekayasa perangkat lunak, memahami kriteria merekayasa perangkat lunak dan target jurusan rpl. Apakah kamu pernah berfikir "Bisakah mengejar target membuat perangkat lunak menjadi berkembang sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna" tentu hal ini menjadi tanda tanya karna kita tidak tau apa apa untuk memulainya dari mana, pusing cara menjawab pengembangan proyek menjadi perangkat lunak lebih bermanfaat untuk raja. Karna saya masih pelajar yang sedang berusaha mendalami hal baru sesuai minat sendiri memilih penguasaan pada diri,  kegiatan ini umumnya dilakukan oleh suatu kelompok (tim) bukan perorangan percayalah kita tidak akan sanggup menyelesaikan semua dengan mudah. Dalam sebuah misi tertentu, dengan sistematis tidak hanya berencana tetapi fokus pada pencapaian berikut model seperti yang dibuat para ahli dan praktisi :
1. Pengumpulan kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
2. Perancangan sistem yang telah ditentukan
3. Pengecekan menggunakan algoritma untuk menguji kesalahan
4. Penerapan

Intinya semua saya kembalikan pada sobat karena kamu tinggal menentukan mengingat lagi ini adalah sesuai minat, memang hobi komputer? Ingin mempelajari bukan sekedar tau tapi mendalami jurusan rekayasa perangkat lunak dengan puluhan topik materi saya yakin tujuan cita cita dengan bermimpi kita bisa menjadi lulusan berkualitas. Aminn..
Namun jika sobat hanya ingin sekedar mengetahui lebih baik banyak membaca dulu, fikirkan dan kejarlah mimpi cita citamu kawan jangan sampai menyesal karna mendalami beberapa materi diperguruan tinggi dimasa depan mau jadi OP warnet? Jangan sampe 3 tahun pendidikan dismk itu kamu bercita cita seperti itu deh lebih baik kita belajar bersama dan wujudkan segala impian yang gak mungkin menjadi mungkin.

Penutup
Untuk mengakhiri tulisan yang masih acak acakan saya mengucapkan terima kasih telah membaca, maaf penulis sadar bahwa masih terdapat kesalahan. saya hargai waktu sobat untuk meluangkan membaca sebuah pengetahuan yang mungkin dapat menjadi pencerahan kedepannya semoga memahami maksud berbagi pengetahuan dalam halaman ini. Semoga dapat bermanfaat dan jika sobat ingin berbagi pada teman di media sosial atau lingkungan sekitar, saya memberikan kebijakan sangat memperbolehkan selagi itu hal baik tidak merugikan orang lain (mulianya diri anda jika berbagi karna berbagi itu indah beresiko berkah).

Sedikit mengambil kutipan kata dari guru pengajar rpl disekolah dan dapat referensi di
1. http://smkinformatika.sch.id/index.php/component/content/article/2-uncategorised/39-rpl
2. http://smkn12malang.sch.id/1/index.php/kompetensi-keahlian/37-rekayasa-perangkat-lunak/181-mengenal-jurusan-rpl

This Is The Oldest Page