Teknlogi jaringan: apa perbedaan 4G dan LTE

Definisi 4G

4G adalah teknologi generasi keempat yang telah terkenal dinegara Indonesia maupun luar negri dalam penggunaan informasi dan komunikasi seperti pada telepon seluler pintar, modem USB. 4G merupakan pengembangan kemajuan dari teknlogi sebelumnya (3G) sekarang ini menggunakan sistem digital.
Zaman semakin hari makin modern begitu juga dengan prudusen smartphone yang memproduksi kemajuan alat bantu manusia, lihat kecanggihannya sangat istimewa teknologi terbaru sampai kecepatan internet pun menjadi tinggi.
Selain itu, apa kelebihan 4G? Jika memang penasaran ingin memahami lebih dalam tentang teknologi jaringan 4G dan LTE silahkan membaca sebagai berikut
Fitur 4G:
  1. Sistem 4G menggunakan struktur aturan IP yang kompenshif dimana pesan,suara, suatu data dapat dikirim dan diterima oleh pengguna lain kapan saja dan dimana saja.
  2. memberikan fasilitas lebih banyak daripada 3G dengan kecepatan akses internet sampai lima kali lipat dari generasi sebelumnya diyakini bahwa 4G adalah sistem terintegrasi penuh.
sedangkan LTE..
Definisi LTE
3GPP Long Term Evolution nama lainnya LTE atau dikenal dan disebut 4G LTE adalah pengembangan hasil evolusi jangka panjang dari standar informasi dan komunikasi yang dapat diakses menggunakan nirkabel tingkat tinggi pada jaringan 2G dan 3G.
Berdasarkan peningkatan atau permintaan dari pengguna internet, sekarang kecepatan intenet menggunakan jaringan 4G LTE sangat direkomendasikan karna..
Fitur LTE:
  1. Sekarang 4G LTE memberikan peforma kecepatan terbaik sekitar downlink 300 Mbps dan sampai Uplink 75 Mbps mungkin bisa lebih
  2. Mengurangi buffering disaat melakukan penjelajahan internet, streaming video, dan mendownload data maupun mengupload suatu data
  3. meningkatkan beberapa aliran chanel data mengalir sehingga memperbesar kecepatan akses data yang diterima oleh setiap pengguna
Percobaan LTE di negara Indonesia
Sekarang ini operator yang telah mendukung layanan 4G LTE adalah Telkomsel sekaligus meluncurkan jaringan LTE mencakup wilayah jakarta dan bali. Ada lagi operator Indosat menguji coba jaringan ini pada tahun 2013, dan kemudian disusul oleh XL. Kemudian peluncuran jaringan LTE kepada publik dilakukan oleh operator internet BOLT pada awal 2014 dengan mengcover daerah ibukota Jakarta, pada akhir 2014. Tercatat hingga akhir 2015, ada lima operator yang sudah menyelenggarakan 4G LTE, yakni Telkomsel dengan layanan 4G LTE, XL dengan nama dikenal atau disebut HotRod 4G LTE, Indosat Ooredoo dengan 4GPlus, Boltt 4G LTE, dan Smartfren dengan layanan 4G LTE Advanced dengan jangkauan Pulau Jawa , Madura , Bali dan beberapa kota besar di luar Jawa.
Bagaimana apakah penjelasan tentang teknologi jaraingan perbedaan 4G dan 4G LTE sudah paham? Apa yang akan kamu lakukan setelah mengetahui ini, sebagian orang mencoba menggunakan LTE sebagai pilihan kecepatan akses internet. Kapan anda merasakan pengalaman internetean dengan kecepatan tinggi? Dan demikian pembahasan mengenai apa itu 4G dan LTE semoga dapat bermanfaat.