Perbedaan blog blogspot dan wordpress

Hidup adalah pilihan sama halnya seperti menjalankan aktivitas blogging, saya adalah pengguna media blog ber-platform blogspot yang masih berekstensi subdomain bawaan dalam memberikan sharing an pengetahuan, berbagi ilmu serta mencatat hal yang perlu diingat dengan menggunakan alat bantu online ini.

Pembahasan kali ini menyangkut pertanyaan kebingungan memilih platform blogspot atau wordpress serta jawaban terbaik untuk kamu yang baru terjun ke dunia blogger apalagi ingin menghasilkan uang dari blog (mendalami menjadi blogger profesional)

Biasanya seseorang yang baru mengenal blog wajar saja harus mengetahui banyak hal blog, seperti selalu banyak pertanyaan karna ingin mengetahui lebih dalam. Biar saya tebak dengan membaca halaman ini pasti kamu sedang mencari tau tentang platform blog tentu tepat sekali karna berikut akan saya bahas:

PERBEDAAN BLOGSPOT DAN WORDPRESS MENURUT PENGGUNANYA
Setiap media blog mempunyai layanan yang berbeda beda serta menawarkan berbagai fasilitas gratis maupun berbayar untuk penggunanya, sementara kita akan memilih berarti membutuhkan pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan keputusan agar tidak salah kedepannya memilih platform blog apalagi untuk tujuan menghasilkan uang dari web/blog dengan serius.

Memang awalnya saya bingung tetapi saya tetap ingin merasakan pengalaman dalam menggunakan salah satu sebuah media ini, pada saat fikiran mulai penasaran waktu itu juga saya mencoba mencari tau dengan menjelajahi google dan bertanya di grup tempatnya diskusi blogger.

Kini terjawab semua dan sekarang saya berbagi pengetahuan secara utuh perlu dikutip dengan jelas supaya dapat pencerahan :)
Mengapa hanya dua pilihan? Bukannya ada lagi selain itu
Jawabannya mudah sekali, sobat bisa melihat kepopuleran blogspot dan wordpress karena kini banyak penggunanya dan cocok untuk memonetasikan blog. Langsung kita mulai dari:

Blogger.com
Apa bedanya Blogger dan blogspot? Masih ada orang yang salah kaprah, karna yang membedakan itu blogger adalah nama layanan tersebut sedangkan blogspot yaitu eksitansi nama blog kita nantinya memiliki subdomain.
Hostingnya bagaimana? Tentu kita tidak perlu lagi pusing/ribet membeli/menyewa, blogger sangat dibanggakan milik google dan penyimanan datanya pun dapat menampung kapasitas tanpa batas termasuk pengunjung
Bisa diganti nama eksitansi blogspot? Tentu kita bisa menggantinya bahasa kerennya "custom domain", kamu hanya harus membeli domain TLD atau memiliki agar dapat merubahnya sehingga terlihat profesioanl. Bagaimana menggantinya? Banyak sekali panduan mengganti nama domain blogger digoogle.
Fitur blogger:
-Perancangan template yang mudah diubah dengan bahasa html,css
-gratis hosting tanpa batas dan domain bawaan, custom top level domain
-akses cepat dengan menu google adsense
-lebih mobile friendly
Kutipan unggulan: jika kamu menginginkan modal murah untuk membuat serta menpublikasikan atau sebagai tempat blogging, blogger cocok untuk pemula yang baru mengenal blog dan blog tentu kamu bisa dimonetasikan dengan google adsense.

Wordpress
Wordpress terbagi dua yaitu
Wordpress.com dan wordpress.org lalu apa bedanya?
Wordpress(dot)com adalah layanan gratis media blog yang berbentuk Content Management System (CMS), memiliki persamaan dengan blogger, tak perlu dijelaskan detail karna yang membedannya adalah:
-Blog full statis
-memiliki eksitansi subdomain wordpress
-mempunyai penyimpanan (hosting) 3 GB untuk data blog gratis.
-dapat melacak pengunjung yang melihat blog kita serta menyebutkan jumlah dan negaranya.
-mengganti thema non-premium lebih banyak pilihan dan sesuai kecocokan
-dapat diakses melalui smartphone
Jika sobat mempunyai modal (budget cukup) agar lebih keren tersedia uprage premium, disitu kita mendapatkan desain,domain,tema,ruang tambahan yang pasti dapat memuaskan penampilan web/blog hasil nantinya
Apakah dapat dimonetasikan? Wordpress.com tidak bisa merubah kode apalagi menempelkan iklan.
Kesimpulannya : Media blog ini cocok sebagai amatir (hanya kesenangan bukan profesi) dan mungkin tempat mengerjakan tugas sekolah atau melatih menulis untuk tujuan tertentu.
Sebaliknya, wordpress(dot)org atau versi instal (self hosted) memiliki penempatan penyimpanan (hosting) yang harus kita tentukan sendiri untuk dibuat
Custom domain juga? Benar sobat bisa mengubahnya dengan top level domain (dotcom,id,web.id dll) serta memberikan leluasa untuk melakukan perubahan themes dengan leluasa
Plugin pada wordpress self hosted ini tersedia banyak alat bantu yang memudahkan mengelola website yang kita buat nantinya intinya seperti serba instan karna hanya perlu instal dengan beberapa klik.
Kesimpulan unggulan wordpress self hosted merupakan aplikasi Content Management System yang dapat dengan bebas mengelola blog sesuai keinginan kita dan tentunya bisa dimonetisasikan bersama google adsense.

Ingat patuhi peraturan setiap hosting, serta layanan lainnya yang berkaitan dengan web/blog yang sobat kelola kedepannya
Fikirlah, baca kembali jika gagal paham atau tanyakan dan ambil keputusan yang benar ketahui kedepannya harus bagaimana

Mungkin demikian dari penjelasan perbedaan blogspot dan wordpress semoga sobat dapat pencerahan buat kedepannya dan sekian. Mohon maaf jika ada kesalahan pengejaan/salah kata, jika perlu kamu dapat memberikan tambahan atau kritik serta saran di komentar
Terima kasih telah membacanya hingga selesai